STRATEGI PENGELOLAAN KOPERASI KONSUMEN
“BERSAMA RAKYAT KAMI
BISA”
Nama :
Muchamad Ansori
NPM :
14212739
Kelas : 2EA18
LATAR
BELAKANG MASALAH
Koperasi adalah badan usaha yang
beranggotakan orang seorang atau
badan
hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip
koperasi
sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas
kekeluargaan.
Prinsip–prinsip
koperasi merupakan landasan pokok koperasi
dalam
menjalankan usahanya sebagai badan usaha dan gerakan ekonomi rakyat.
Prinsip–prinsip tersebut adalah : kemandirian, keanggotaan bersifat
terbuka,pengelolaan dilakukan secara demokratis, pembagian sisa hasil usaha
dilakukan secara adil sebanding dengan besarnya jasa usaha masing – masing
anggotanya, pemberian balas jasa yang terbatas terhadap modal, pendidikan
perkoperasian dan kerjasama antar koperasi.
Dengan semakin berkembangnya kegiatan
usaha koperasi, tuntutan agar pengelolaan koperasi dilaksanakan secara
profesional akan semakin besar. Pengelolaan yang profesional memerlukan adanya
sistem pertanggungjawaban yang baik dan informasi yang relevan serta dapat
diandalkan, untuk pengambilan keputusan perencanaan dan pengendalian
koperasi. Salah satu upaya tersebut
adalah pengembangan dari sistem informasi yang diperlukan untuk menumbuhkan
koperasi melalui akuntansi, khususnya merumuskan standar akuntansi keuangan
untuk
koperasi dalam penyusunan laporan keuangannya.
Masalah Pembagian
Strategi
Pengelolaan koperasi simpan pinjam
“Bersama Rakyat Kami Bisa” dibagi dalam beberapa strategi, yaitu:
1. Strategi Pemasaran
2. Strategi Lokasi
3. Strategi Harga
4.
Strategi Pembinaan SDM
Landasan
Teori
1. Strategi pemasaran
strategi pemasaran
adalah kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis guna memenuhi kebutuhan pasar
dengan barang dan atau jasa. ada tiga faktor utama yang menyebabkan terjadinya
perubahan strategi dalam pemasaranyaitu :
1. Daur hidup
produk Strategi harus disesuaikan dengan tahap-tahap daur hidup, yaitu
tahap perkenalan,tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan dan tahap kemunduran.
2. Posisi persaingan
perusahaan di pasar Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan posisi
perusahaan dalam persaingan,apakah memimpin, menantang, mengikuti atau hanya
mengambil sebagian kecildari pasar.
3. Situasi
ekonomiStrategi pemasaran harus
disesuaikan dengan situasi ekonomi dan pandangankedepan,
apakah ekonomi berada dalam situasi makmur atau inflasi tinggi.
2. Strategi Lokasi
Teori Alfred Weber(Seorang
pengajar Universitas Praha dariUniversitas Heidelberg, Jerman). Teori
iniberkaitan dengan least cost location. Teori lokasi industri ini menyebutkan
bahwa sebaiknya lokasi industri ditempatkan ditempat yang memiliki biaya sewa
lahan paling minimal. Ini dikarenakan tempat yang memiliki total biaya
transportasi dan tenaga kerja yang minimal dan cenderung identik dengan tingkat
keuntungan yang maksimal.
3. Strategi Harga
menurut Philip Kotler adalah : “price is the amount
of money charged for a product or service. More broadly, price is the sum of
all the value that consumers exchange for the benefits of having or using the
product or service”. Harga adalah sejumlah uang yang dibebankan untuk sebuah
produk atau jasa. Secara lebih luas, harga adalah keseluruhan nilai yang
ditukarkan konsumen untuk mendapatkan keuntungan dari kepemilikan terhadap
sebuah produk atau jasa.
4. Strategi pembinaan SDM
Strategi pembinaan pelatihan SDM diarahkan agar
pelatihan kerja mampu berfungsi memenuhi tuntutan pasar kerja. Hal ini perlu
dilakukan sesuai dengan tuntutan dunia kerja, perkembangan teknologi dan
perkembangan pembangunan. Strategi pelatihan kerja menggunakan pendekatan
kesisteman dan dibina secara terpadu, berkesinambungan, berperan secara optimal
dan menghasilkan tenaga kerja yang siap pakai, terampil, disiplin dan
produktif.
Pembahasan
Teori
1. STRATEGI PEMASARAN

Dalam mendirikan koperasi simpan pinjam “ Baersama
Rakyat Kami Bisa” pasti harus mempunyai strategi – strategi tersendiri istlah
strategi menurt pendapat saya adalah suatu rancangan atau skema yg apa yg
dirancang tsb bisa berhasil atau tecapainya suatu keinginan, yakni yang saya
bahas staregi pemasaran.kenapa diadakannya staregi pemasaran ?? guna utk mencapai
tujuan dari sebuah koperasi.
Dalam koperasi “Bersama Rakyat Kami Bisa” atas di
adakannya strategi pemasaran ini guna untuk mencari rancangan yang tepat . Segmentasi
(Segmentation)
Dengan melaksanakan segmentasi pasar, kegiatan pemasaran dapat dilakukan lebih terarah dan sumber daya yang dimiliki perusahaan dapat digunakan secara lebih efektif dan efisien dalam rangka memberikan kepuasan bagi konsumen. Selain itu perusahaan dapat melakukan program-program pemasaran yang terpisah untuk memenuhi kebutuhan khas masing-masing segmen.
Ada beberapa variabel segmentasi yaitu:
1. Demografis
Segmentasi ini dilakukan dengan membagi pasar ke dalam kelompok-kelompok berdasarkan variabel demografis sepert: Usia, jenis kelamin, besarnya keluarga, pendapatan, ras, pendidikan, pekerjaan, geografis.
2. Psikografis
Segmentasi ini dilakukan dengan membagi pasar ke dalam kelompok-kelompok yang berlainan menurut kelas sosial, gaya hidup, kepribadian, dan lain-lain. Informasi demografis sangat berguna, tetapi tidak selalu menyediakan informasi yang cukup untuk membagi konsumen ke dalam segmen-segmen, sehingga diperlukan segmen berdasarkan psychografis untuk lebih memahami karakteristik konsumen.
3. Perilaku
Segmentasi ini dilakukan dengan membagi konsumen ke dalam segmen-segmen berdasarkan bagaimana tingkah laku, perasaan, dan cara konsumen menggunakan barang/situasi pemakaian, dan loyalitas merek. Cara untuk membuat segmen ini yaitu dengan membagi pasar ke dalam pengguna dan non-pengguna produk.
Dengan melaksanakan segmentasi pasar, kegiatan pemasaran dapat dilakukan lebih terarah dan sumber daya yang dimiliki perusahaan dapat digunakan secara lebih efektif dan efisien dalam rangka memberikan kepuasan bagi konsumen. Selain itu perusahaan dapat melakukan program-program pemasaran yang terpisah untuk memenuhi kebutuhan khas masing-masing segmen.
Ada beberapa variabel segmentasi yaitu:
1. Demografis
Segmentasi ini dilakukan dengan membagi pasar ke dalam kelompok-kelompok berdasarkan variabel demografis sepert: Usia, jenis kelamin, besarnya keluarga, pendapatan, ras, pendidikan, pekerjaan, geografis.
2. Psikografis
Segmentasi ini dilakukan dengan membagi pasar ke dalam kelompok-kelompok yang berlainan menurut kelas sosial, gaya hidup, kepribadian, dan lain-lain. Informasi demografis sangat berguna, tetapi tidak selalu menyediakan informasi yang cukup untuk membagi konsumen ke dalam segmen-segmen, sehingga diperlukan segmen berdasarkan psychografis untuk lebih memahami karakteristik konsumen.
3. Perilaku
Segmentasi ini dilakukan dengan membagi konsumen ke dalam segmen-segmen berdasarkan bagaimana tingkah laku, perasaan, dan cara konsumen menggunakan barang/situasi pemakaian, dan loyalitas merek. Cara untuk membuat segmen ini yaitu dengan membagi pasar ke dalam pengguna dan non-pengguna produk.
2. STRATEGI LOKASI

Lokasi dan Inovasi – Saat kreativitas,
inovasi, dan investasi litbang bersifat penting bagi strategi operasi, fokus
criteria lokasi dapat berubah, dari yang awalnya berfokus-pada-biaya, menjadi
berfokus-pada-inovasi Ada empat sifat yang memengaruhi inovasi dan daya saing :
·
Adanya input berkualitas tinggu dan
spesifik, seperti kemampuan ilmiah dan teknik
·
Lingkungan yang kondusif bagi
investasi dan persaingan lokal yang ketat
·
Tekanan dan wawasan yang didapat dari
pasar lokal yg berpengalaman
·
Adanya industry lokal yang saling
terhubung dan mendukung
Lokasi yang kita pilih untuk mendirikan koperasi
“Mahasiswa Cemerlang” yakni :
Alamat Koperasi : Jl Al-Hidayah rt002 / 002
No. 2 Blok: B. Jatibening, Bekasi
Lokasi tersebut kita anggap sangat cukup strategis
karna berada di sekita Kerumunan penduduk masyarakat sekita, Gerbang Tol Pondok
Gede & Jati asih, bahkan Sekolahan, dll & bisa membantu masyarakat
sekitar disitu
3. STRATEGI HARGA

Tujuan Penetapan Harga
Berorientasi pada Laba, setiap usaha selalu
memilih penetapan harga yang bertujuan menghasilkan laba paling banyak. Namun
karena besarnya persaingan, sehingga suatu usaha sering kesulitan dalam
memastikan harga yang dapat menghasilkan laba paling banyak. Sebagai solusinya
para pelaku usaha menggunakan pendekatan target laba, yaitu besar laba
yang sesuai dengan sasaran laba.Berorientasi pada Volume, bahwa penetapan harga
sedemikian rupa agar dapat mencapai tingkat volume penjualan tertentu, nilai
penjualan atau pangsa pasar tertentu.
Faktot penentu Harga ada factor internal dan
eksternal :
Faktor internal meliputi :
1.
Tujuan pemasaran ( biaya, penguasaan
pasar, dan usaha )
2.
Strategi marketing mix ( aspek harga
dan non harga )
3.
Organisasi ( struktur, skala, dan type
)
Faktor eksternal meliputi :
1.
Elastisitas permintaan dan kondisi
persaingan pasar
2.
Harga pesaing dan reaksi pesaing
terhadap perubahan harga
3.
Lingkungan eksternal yang lain,
lingkungan mikro ( pemasok, penyalur, asosiasi, dan masyarakat ) maupun
lingkungan makro ( pemerintah, cadangan sumber daya, keadaan sosial, dsb )
4. STRATEGI PEMBINAAN SDM

Kami pun melakukan
pembinaan SDM – SDM baru guna membantu pertubuhan koperasi kam untuk
kedepannya, kami pun melakukan selekesi per seleksi bagi SDM agar si pekerja
bias bekerja dengan benar dan teliti.. ada cara kita merekrut SDM mulai dri
seleksi wawancara, seleksi psikotes dll. Bahkan setelah kami seleksi lalu kami
melakukan pengambilan keputussan bagi
pekerja yang diterima yaitu melakukan training. SDM atau anggota – anggota kami
bersifat seperti kekeluargaan.
Ada cara jika sdm
atau anggota kami melakukan kesalahan sebesar mungkin atau sekecil mungkin, kami
akan melakukan sanksi yang tegas maupun yang biasa saja :D.
KESIMPULAN
Koperasi simpan pinjam adalah koperasi yang
anggotanya terdiri dari orang-orang yang mempunyai kepentingan
langsung dalam soal-soal perkreditan atau simpan pinjam, dalam mengelola harga
dan sdm harus secara professional dan telity supaya demi kemajuan koperasi “
Bersama Rakyat Kami Bisa
SARAN
Semoga atas mendirikiannya koperasi simpan pinjam
ini yaitu yang diberi nama koperasi “BERSAMA
RAKYAT KAMI BISA” bisa lebih jaya dan sukses untuk kepentingan masyarakat,
bangsa dan Negara. amin !!!!
DAFTAR
PISTAKA ATAU SUMBER
salut sama kawan kawan gundar. rata rata referensi tentang manajemen dari kalian. salam hangat dari bogor
BalasHapusterima kasih atas supportnya. salam balik untuk masyarakat bogor ya
BalasHapus