Senin, 06 Januari 2014

STRATEGI PENGELOLAAN KOPERASI KONSUMEN “MAHASISWA CEMERLANG”



STRATEGI PENGELOLAAN KOPERASI KONSUMEN
“BERSAMA RAKYAT KAMI BISA”

Nama : Muchamad Ansori
NPM : 14212739
Kelas : 2EA18
LATAR BELAKANG MASALAH
Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang seorang atau
badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip
koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas
kekeluargaan. 
Prinsip–prinsip koperasi merupakan landasan pokok koperasi
dalam menjalankan usahanya sebagai badan usaha dan gerakan ekonomi rakyat. Prinsip–prinsip tersebut adalah : kemandirian, keanggotaan bersifat terbuka,pengelolaan dilakukan secara demokratis, pembagian sisa hasil usaha dilakukan secara adil sebanding dengan besarnya jasa usaha masing – masing anggotanya, pemberian balas jasa yang terbatas terhadap modal, pendidikan perkoperasian dan kerjasama antar koperasi.
Dengan semakin berkembangnya kegiatan usaha koperasi, tuntutan agar pengelolaan koperasi dilaksanakan secara profesional akan semakin besar. Pengelolaan yang profesional memerlukan adanya sistem pertanggungjawaban yang baik dan informasi yang relevan serta dapat diandalkan, untuk pengambilan keputusan perencanaan dan pengendalian koperasi.  Salah satu upaya tersebut adalah pengembangan dari sistem informasi yang diperlukan untuk menumbuhkan koperasi melalui akuntansi, khususnya merumuskan standar akuntansi keuangan
untuk koperasi dalam penyusunan laporan keuangannya.

Masalah Pembagian Strategi

Pengelolaan koperasi simpan pinjam “Bersama Rakyat Kami Bisa” dibagi dalam beberapa strategi, yaitu:
1.   Strategi Pemasaran
2.   Strategi Lokasi
3.   Strategi Harga
4.   Strategi Pembinaan SDM



Landasan Teori
1.   Strategi pemasaran
strategi pemasaran adalah kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan atau jasa. ada tiga faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi dalam pemasaranyaitu :
1. Daur hidup produk Strategi harus disesuaikan dengan tahap-tahap daur hidup, yaitu tahap perkenalan,tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan dan tahap kemunduran.
2. Posisi persaingan perusahaan di pasar Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan posisi perusahaan dalam persaingan,apakah memimpin, menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecildari pasar.
3. Situasi ekonomiStrategi pemasaran harus disesuaikan dengan situasi ekonomi dan pandangankedepan, apakah ekonomi berada dalam situasi makmur atau inflasi tinggi.
2.   Strategi Lokasi
Teori Alfred Weber(Seorang pengajar Universitas Praha dariUniversitas Heidelberg, Jerman). Teori iniberkaitan dengan least cost location. Teori lokasi industri ini menyebutkan bahwa sebaiknya lokasi industri ditempatkan ditempat yang memiliki biaya sewa lahan paling minimal. Ini dikarenakan tempat yang memiliki total biaya transportasi dan tenaga kerja yang minimal dan cenderung identik dengan tingkat keuntungan yang maksimal.
3.   Strategi Harga
menurut Philip Kotler adalah : “price is the amount of money charged for a product or service. More broadly, price is the sum of all the value that consumers exchange for the benefits of having or using the product or service”. Harga adalah sejumlah uang yang dibebankan untuk sebuah produk atau jasa. Secara lebih luas, harga adalah keseluruhan nilai yang ditukarkan konsumen untuk mendapatkan keuntungan dari kepemilikan terhadap sebuah produk atau jasa.
4.   Strategi pembinaan SDM
Strategi pembinaan pelatihan SDM diarahkan agar pelatihan kerja mampu berfungsi memenuhi tuntutan pasar kerja. Hal ini perlu dilakukan sesuai dengan tuntutan dunia kerja, perkembangan teknologi dan perkembangan pembangunan. Strategi pelatihan kerja menggunakan pendekatan kesisteman dan dibina secara terpadu, berkesinambungan, berperan secara optimal dan menghasilkan tenaga kerja yang siap pakai, terampil, disiplin dan produktif.

Pembahasan Teori
1.   STRATEGI PEMASARAN
http://static.ciputraentrepreneurship.com/thumbs/boni/201308/strategi_marketing.jpg


Dalam mendirikan koperasi simpan pinjam “ Baersama Rakyat Kami Bisa” pasti harus mempunyai strategi – strategi tersendiri istlah strategi menurt pendapat saya adalah suatu rancangan atau skema yg apa yg dirancang tsb bisa berhasil atau tecapainya suatu keinginan, yakni yang saya bahas staregi pemasaran.kenapa diadakannya staregi pemasaran ?? guna utk mencapai tujuan dari sebuah koperasi.
Dalam koperasi “Bersama Rakyat Kami Bisa” atas di adakannya strategi pemasaran ini guna untuk mencari rancangan yang tepat . Segmentasi (Segmentation)
Dengan melaksanakan segmentasi pasar, kegiatan pemasaran dapat dilakukan lebih terarah dan sumber daya yang dimiliki perusahaan dapat digunakan secara lebih efektif dan efisien dalam rangka memberikan 
kepuasan bagi konsumen. Selain itu perusahaan dapat melakukan program-program pemasaran yang terpisah untuk memenuhi kebutuhan khas masing-masing segmen.
Ada beberapa variabel segmentasi yaitu:
1. Demografis
Segmentasi ini dilakukan dengan membagi pasar ke dalam kelompok-kelompok berdasarkan variabel demografis sepert: Usia, jenis kelamin, besarnya keluarga, pendapatan, ras, pendidikan, pekerjaan, geografis.
2. Psikografis
Segmentasi ini dilakukan dengan membagi pasar ke dalam kelompok-kelompok yang berlainan menurut kelas sosial, gaya hidup, kepribadian, dan lain-lain. Informasi demografis sangat berguna, tetapi tidak selalu menyediakan informasi yang cukup untuk membagi konsumen ke dalam segmen-segmen, sehingga diperlukan segmen berdasarkan psychografis untuk lebih memahami karakteristik konsumen.
3. Perilaku
Segmentasi ini dilakukan dengan membagi konsumen ke dalam segmen-segmen berdasarkan bagaimana tingkah laku, perasaan, dan cara konsumen menggunakan barang/situasi pemakaian, dan loyalitas merek. Cara untuk membuat segmen ini yaitu dengan membagi pasar ke dalam pengguna dan non-pengguna produk.
2.   STRATEGI LOKASI
http://campuslifemagz.beritasatu.com/gambar/medium/1342413714.jpgLokasi dan Biaya – Karena lokasi memengaruhi biaya dan menentukan penghasilan, lokasi sepenuhnya memiliki kekuatan untuk membuat atau menghancurkan strategi bisnis perusahaan. Keputusan lokasi yang berdasarkan pada strategi biaya rendah (low-cost) membutuhkan pertimbangan yang cermat. Ketika manajemen telah memutuskan untuk beroperasi di satu lokasi tertentu, banyak biaya yang menjadi tetap dan sulit dikurangi. Oleh karena itu, kerja keras yang dilakukan manajemen untuk menetapkan lokasi fasilitas yang optimal merupakan investasi yang baik.
Lokasi dan Inovasi – Saat kreativitas, inovasi, dan investasi litbang bersifat penting bagi strategi operasi, fokus criteria lokasi dapat berubah, dari yang awalnya berfokus-pada-biaya, menjadi berfokus-pada-inovasi Ada empat sifat yang memengaruhi inovasi dan daya saing :
·         Adanya input berkualitas tinggu dan spesifik, seperti kemampuan ilmiah dan teknik
·         Lingkungan yang kondusif bagi investasi dan persaingan lokal yang ketat
·         Tekanan dan wawasan yang didapat dari pasar lokal yg berpengalaman
·         Adanya industry lokal yang saling terhubung dan mendukung
Lokasi yang kita pilih untuk mendirikan koperasi “Mahasiswa Cemerlang” yakni :
Alamat Koperasi  : Jl Al-Hidayah rt002 / 002 No. 2 Blok: B. Jatibening, Bekasi
Lokasi tersebut kita anggap sangat cukup strategis karna berada di sekita Kerumunan penduduk masyarakat sekita, Gerbang Tol Pondok Gede & Jati asih, bahkan Sekolahan, dll & bisa membantu masyarakat sekitar disitu

3.   STRATEGI HARGA
https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcS6hOdQ7rdC7Vv7WEZtDS1uzxemlqt2xjuxmsxTXefDR8wVVonU8QHarga yang ditetapkan atas suatu produk baru harus dapat memberikan pengaruh yang baik bagi petumbuhan pasar untuk masyarakat. Selain itu untuk mencegah timbulnya persaingan yang sengit. Ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam penetapan harga produk baru, Tjiptono (2001 : 172)
 Tujuan Penetapan Harga
Berorientasi pada Laba, setiap usaha selalu memilih penetapan harga yang bertujuan menghasilkan laba paling banyak. Namun karena besarnya persaingan, sehingga suatu usaha sering kesulitan dalam memastikan harga yang dapat menghasilkan laba paling banyak. Sebagai solusinya para pelaku usaha  menggunakan pendekatan target laba, yaitu besar laba yang sesuai dengan sasaran laba.Berorientasi pada Volume, bahwa penetapan harga sedemikian rupa agar dapat mencapai tingkat volume penjualan tertentu, nilai penjualan atau pangsa pasar tertentu.
Faktot penentu Harga ada factor internal dan eksternal :
Faktor internal meliputi :
1.   Tujuan pemasaran ( biaya, penguasaan pasar, dan usaha )
2.   Strategi marketing mix ( aspek harga dan non harga )
3.   Organisasi ( struktur, skala, dan type )
Faktor eksternal meliputi :
1.   Elastisitas permintaan dan kondisi persaingan pasar
2.   Harga pesaing dan reaksi pesaing terhadap perubahan harga
3.   Lingkungan eksternal yang lain, lingkungan mikro ( pemasok, penyalur, asosiasi, dan masyarakat ) maupun lingkungan makro ( pemerintah, cadangan sumber daya, keadaan sosial, dsb )



4.   STRATEGI PEMBINAAN SDM

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgMctWa6TYdden5DD2sATKkgaU9xWXI5zNylvwV2I2Mpd6ASPNQ1_sY65BUMpeARJruP8JUt1GhraZPpWWcnugelW_XXaVAPeEPl8VweqqiEiriXBRPezwADGwaLZkBC2es_BSBLIe7uSc/s1600/inovasi-dan-kreatif.jpg
Kami pun melakukan pembinaan SDM – SDM baru guna membantu pertubuhan koperasi kam untuk kedepannya, kami pun melakukan selekesi per seleksi bagi SDM agar si pekerja bias bekerja dengan benar dan teliti.. ada cara kita merekrut SDM mulai dri seleksi wawancara, seleksi psikotes dll. Bahkan setelah kami seleksi lalu kami melakukan pengambilan keputussan  bagi pekerja yang diterima yaitu melakukan training. SDM atau anggota – anggota kami bersifat seperti kekeluargaan.
Ada cara jika sdm atau anggota kami melakukan kesalahan sebesar mungkin atau sekecil mungkin, kami akan melakukan sanksi yang tegas maupun yang biasa saja :D.
KESIMPULAN
Koperasi simpan pinjam adalah koperasi yang anggotanya  terdiri dari orang-orang yang mempunyai kepentingan langsung dalam soal-soal perkreditan atau simpan pinjam, dalam mengelola harga dan sdm harus secara professional dan telity supaya demi kemajuan koperasi “ Bersama Rakyat Kami Bisa
SARAN
Semoga atas mendirikiannya koperasi simpan pinjam ini yaitu yang diberi nama koperasi “BERSAMA RAKYAT KAMI BISA” bisa lebih jaya dan sukses untuk kepentingan masyarakat, bangsa dan Negara. amin !!!!
DAFTAR PISTAKA ATAU SUMBER

2 komentar:

  1. salut sama kawan kawan gundar. rata rata referensi tentang manajemen dari kalian. salam hangat dari bogor

    BalasHapus
  2. terima kasih atas supportnya. salam balik untuk masyarakat bogor ya

    BalasHapus